evanswmpool

gallery/untitledoij

pool design and contractor

Kenapa perlu kolam renang, apa alasannya?

Ada beberapa alasan kenapa anda memerlukan kolam renang: 

1. Memperindah lahan kosong disekitar rumah.

2. Memberikan fasilitas bermain dan berolahraga untuk seluruh    anggota keluarga, terutama anak-anak anda.

3. Menaikkan "Value" harga rumah anda.

4. Meningkatkan "Gengsi" sang pemilik rumah.

Bagaimana konsepnya, bentuk apa yang paling sesuai?

Untuk konsep dan disain kolam renang adalah selera pemilik rumah, untuk bentuk apa yang paling sesuai lebih dominan disesuaikan dengan bentuk lahan kosong yang tersedia dan juga mengikuti kebutuhan untuk apa kolam renang tersebut.

Bila kolam renang bertujuan untuk berolahraga maka bentuk yang sesuai adalah "Persegi panjang".

Bila Kolam renang bertujuan untuk memperindah rumah/menaikkan value harga/meningkatkan gengsi maka bentuk "Curve" lebih baik, dan disain dalam hal ini lebih diutamakan.

Berapa ukuran panjang-lebar-kedalaman yang sesuai?

Panjang-lebar lebih dominan mengikuti seberapa besar lahan kosong kita yang akan dibangun kolam renang, bila lahannya cukup luas maka lebih enak mengatur berapa panjang dan berapa lebar. Sebagai patokan ukuran standar untuk kolam renang olah raga adalah 4 x 8M (Lebar x Panjang).

Untuk kedalaman tergantung kebutuhan yang ingin diterapkan, misal untuk kebutuhan anak-anak kedalaman 60-100CM, untuk kebutuhan orang dewasa/remaja kedalaman 100-180CM atau penggabungan keduanya kedalaman 60CM landai ke 180CM untuk kebutuhan anak-anak dan orang dewasa sekaligus.

Sistem kolam renang apa yang diinginkan?

Sistem sirkulasi air kolam renang ada 2 pembagian umum:

Skimmer, sistem sirkulasi air kolam renang dimana level atas air tidak melebihi level atas dinding batas keliling kolam renang karena adanya Skimmer Box.

Overflow, sistem sirkulasi air kolan renang dimana level atas air akan selalu melebihi level atas dinding batas keliling kolam renang atau "Meluber", air yang meluber tersebut akan ditampung oleh Gutter/got lalu dialirkan ke Balancing tank dan kemudian dipompa kembali masuk ke kolam renang.

Pemilihan kedua sistem ini sangat tergantung selera pemilik, hanya memang sistem Overflow hasilnya akan lebih Elegan dan menarik dibanding sistem Skimmer.

gallery/best-pool-skimmers
gallery/signature-mosaic-tiled-neptune-swimming-pool-[3]-3233-p

Skimmer system

Overflow system

gallery/untitledhu

Memakai jasa bantuan expert kolam renang untuk membantu anda.

Ini menjadi penting karena walaupun mungkin terlihat sederhana pembangunan kolam renang hanya "Gali tanah - Cor - Pasang keramik - Isi air - Berenang" tetapi sebenarnya setiap proses tersebut ada prosedur pembangunan yang harus dijalani dengan benar, bila salah satu proses saja tidak sesuai prosedur pembangunan maka resiko kolam bocor akan tinggi dan bila sudah terpasang lapisan akhir keramik dan ternyata bocor maka akan lebih sulit "Mendeteksi" titik retak yang menyebabkan kebocoran tersebut.

Biasanya kolam renang bocor indikasinya adalah menyusutnya volume air secara periodik yang "tidak wajar", kenapa dibilang tidak wajar? karena volume air pasti akan meyusut bila memang sedang musim panas/kemarau karena penguapan air.